Join our network of non-profits, companies and individuals who believe social change can happen through design.

Become A Member
avatar

Roy Suryadi

semarang, central java, Indonesia

Designer (Graphic Design)

Member since October 20, 2007


  • Photobook dedicated to akbarfoto.com

    Arts & Culture, Audio/Visual Design

    Akbarfoto-fa_177_

    Pekerjaan desain yang berhubungan dengan foto bukan hal yang baru bagi saya, namun untuk kasus yang ini -- tidak seperti biasanya -- hati dan kepala terasa lumayan berdegap kencang

    Materi yang menjadi bahan ramuan saya kali ini khusus dipersembahkan oleh Bapak Akbar Salihima, seorang fotografer profesional yang juga teman lama saya pada jaman perkuliahan dulu.

    Bapak Akbar ini memang sosok unik ( sedari dulu ). Karakter vokalnya lantang, terbuka dan apa adanya. Hal ini menarik karena juga ternyata disertai oleh kapabilitas tinggi di bidangnya. Sebuah kombinasi yang hebat dan sekaligus "membahayakan ".

    Dari sekian puluh materi yang tiba di meja kerja saya, hanya beberapa yang saya sanggup mengolahnya. Butuh peresapan makna ekstra yang cukup dalam untuk dapat menemukan bentuk layout maksimal.

    Satu pelajaran yang saya buktikan sendiri dari kasus ini adalah bahwa materi yang matang sudah termasuk bagian dari unsur desain. Di dalamnya sudah tercantum akurasi dan komposisi warna yang baik serta beragam unsur desain lain yang sangat berguna dalam pengolahan setting komposisi akhirnya.

    Bagi para end user, saya menganjurkan dengan sangat untuk menyajikan materi awal yang baik dan maksimal pada setiap kali transaksi grafis -- ketimbang berharap terjadi keajaiban yang irasional.

    Dan bagi saya sendiri - sebagai "juru masak"nya - materi yang baik memberikan energi positif yang penuh dan inspirasi desain yang kaya.

    Semoga dunia komunikasi visual kita tetap jaya !

    ...
  • Menahan Diri

    Communication, Communication Design

    Stiker_mobil_roy2_177_

    Di antara banyak strategi yang dipakai para eksekutif korporasi untuk melaksanakan proyek brand management, Vehicle Body Wrapping / Stiker Mobil adalah salah satu media yang cukup digemari dan efektif hasilnya. Media ini sangat mobile, luwes menjangkau seluruh area yang tidak mampu diraih media lain dan yang paling penting adalah tidak memiliki batasan waktu atau jam tayang.

    Garis umum dalam mendesain stiker mobil sebetulnya tidak sulit, cukup ketelitian dan kesabaran dalam mendata ukuran dan lekuk bodi mobil dan menemukan vendor yang paling mumpuni pada saat pemasangannya. Nah, yang sulit adalah pada saat proses perancangannya. Proyek pertama saya sekitar tahun 2004, objeknya kendaraan operasional Pertamina Unit Pelayanan IV Jawa Tengah, yaitu 5 (lima) buah Toyota Kijang . Dan, pada saat itu -- walaupun kedua belah pihak setuju dan akhirnya tayang juga --- proses perancangannya makan waktu lebih dari 2 (dua) bulan. Satu hal mengenai proses birokrasi dan hal lain adalah mengenai approval desain.

    Bukan hal mudah untuk mencipta logo dan mengemas seluruh misi unit spbu menjadi ramping dan 'muat' dalam satu media. Dan, memang hasilnya menjadi terlalu ramai dan menyesakkan mata. Salah satu tujuan dan misi si empunya hajat memang terpenuhi --- yakni membuat orang menoleh, tetapi di dalam lubuk hati saya menilai proyek perdana saya adalah sebuah proyek desain yang kurang berhasil alias jelek.

    Kesempatan berikutnya saya segera berbenah dan bertekad untuk mempersembahkan sebuah kar...

  • Jangan Berhenti Sebelum 100 %

    Communication, Communication Design

    Dimsum-menu_177_

    Pernah ada seorang klien saya yang ekspatriat, Mr. Kevin, mengeluhkan kinerja orang Indonesia kepada saya. Orang Indonesia itu tidak pernah tuntas ( becus ) dalam bekerja, mereka merasa pandai dan cepat puas, mereka selalu berhenti di titik 90 dan tak pernah bekerja hingga 100 %, demikian ujarnya. Ucapan yang meluncur darinya begitu keras menghujam pada diri Saya, dan sebagian besar dari diri Saya mengakui kebenaran ucapannya. Sebagai salah satu contohnya adalah desain buku menu yang Saya buat untuk sebuah restoran Jepang di kota Semarang ini. Saya berusaha mati-matian untuk mencurahkan segenap emosi, ketrampilan dan pengalaman saya demi untuk mewujudkan sebuah buku menu yang paling maksimal hasilnya. Kegigihan saya membuahkan hasil dan saya senang sekali dengan tampilannya yang elegan, cantik dan menggugah selera. Tapi, lagi-lagi Saya kecele. Saya sadar betul bahwa sebetulnya Saya kekurangan waktu untuk membantu klien Saya itu, tetapi Saya terlalu memaksakan diri. Pada kenyataannya sebelum saya sempat menginjak halaman ke dua dan seterusnya, Saya selalu 'ketambahan' garapan lain --- yang memang adalah garapan utama Saya. Akhirnya, Saya dengan penuh rasa malu dan terbuka mohon maaf kepada Bapak Adi dan memberi tawaran untuk berpindah ke rekan desainer Saya yang lain. Alhamdulillah, Beliau dengan penuh pengertian tidak keberatan dan mengiyakan dengan bijaksana. Ternyata tidak hanya kesiapan teknis dan material saja yang harus dimaksimalkan hingga 100 %, tetapi 100% juga sudah ...

ORDER IN DISORDER

Contact Roy Suryadi

My Interests

  • Industrial Design
  • Environmental Design
  • Communication Design
  • Fashion Design
  • Audio/Visual Design